Jumat, 30 Maret 2012

Audit Sumber Daya Manusia


Audit SDM adalah pemeriksaan kualitas kegiatan Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitik beratkan pada peningkatan atau perbaikan (Rivai, 2004, p. 548).
Audit SDM merupakan suatu metode evaluasi untuk menjamin bahwa potensi
SDM dikembangkan secara optimal (Rosari, 12 Mei 2008).
Menurut Sherman & Bohlander, audit SDM memberikan peluang untuk:
1. Menilai efektivitas fungsi SDM
2. Memastikan ketaatan terhadap hukum, kebijakan, perturan dan prosedur
3. Menetapkan pedoman untuk penetapan standar
4. Memperbaiki mutu staf SDM
5. Meningkatkan citra dari fungsi SDM
6. Meningkatkan perubahan dan kreatifitas
7. Menilai kelebihan dan kekurangan dari fungsi SDM
8. Memfokus staff SDM pada masalah masalah penting
9. Membawa SDM lebih dekat pada fungsi fungsi yang lain
Pelaksana Audit Sumber Daya Manusia (SDM)
1. Auditor internal (Inspektur di Badan Pengawasan Internal)
2. Biro SDM atau spesialis SDM yang ditunjuk (self assessment)
3. Biro SDM/tenaga spesialis SDM senior untuk non-SDM
Menurut Rivai (2004, p. 567), audit SDM bertujuan untuk:
1. Menilai efektifitas SDM
2. Aspek-aspek yang masih dapat diperbaiki
3. Mempelajari aspek-aspek tersebut secara mendalam, dan
4. Menunjukkan kemungkinan perbaikan, serta membuat rekomendasi untuk
    pelaksanaan perbaikan tersebut.
Menurut Rivai (2004, p. 567), audit SDM mengevaluasi aktifitas SDM yang digunakan dalam suatu perusahaan dan merupakan pengendalian kualitas keseluruhan yang mengevaluasi aktifitas SDM dalam suatu perusahaan. Manfaat dari audit SDM ini antara lain yaitu:
1.      Mengidentifikasi kontribusi dep. SDM terhadap perusahaan
2.      meningkatkan citra professional dep. SDM
3.      mendorong tanggung jawab dan profesionalisme yang lebih besar diantara karyawan dep. SDM
4.      memperjelas tugas dan tanggung jawab dep. SDM.
5.      menstimulasi keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM
6.      menemukan masalah SDM yang kritis
7.      menyelesaikan keluhan-keluhan dengan peraturan yang berlaku
8.      mengurangi biaya SDM melalui prosedur yang efektif
9.      meningkatkan kesediaan untuk mau menerima perubahan yang diperlukan dalam dep. SDM
10.  memberikan informasi yang cermat atas sistem informasi dep.SDM



1 komentar:

  1. sore..
    saya mw minta tolong, ada ga sma kmu laporan audit personalia perusahaan, perusahaan appun bsa...
    mhon dbntu ya ...
    klo ada tolong dikirim ke email saya kaban_tommy@yahoo.com

    BalasHapus