Jumat, 30 Maret 2012

Sistem Akuntansi


Pengertian Sistem 
Menurut Mulyadi (2001: 2) sistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut Narko (1994: 1) sistem diartikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari interaksi elemen-elemen (dikatakan sub-sistem) yangberusaha mencapai tujuan tertentu.
Pada umumnya suatu sistem mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
  • Mempunyai Tujuan. Tujuan sistem merupakan pemotivasi bekerjanya suatu sistem. Misalnya memperoleh laba merupakan tujuan organisasi bisnis, yang mendorong kerjanya sistem yang berlaku pada organisasi bersangkutan
  • Mempunyai input-proses-output. Input berupa masukan terhadap sistem, Output merupakan keluaran sistem, sedang proses adalah metode dengan mana input diubah menjadi output.
  • Mempunyai Lingkungan. Setiap sistem (kecuali alam semesta, barangkali), mempunyai lingkungan. Perusahaan sebagai suatu sistem misalnya, mempunyai lingkungan seperti lingkungan ekonomi, politik, sosial, budaya, hukum dan lain-lain.
  • Mempunyai Elemen-elemen yang saling terkait. Dengan contoh sistem peredaran darah, sistem jantung terkait erat dengan pembuluh darah. Bila ada penyumbatan pembuluh darah, maka kerja jantung dapat terganggu.
  • Mempunyai Pengendali Sistem. Setiap sistem harus mengatur semua sub-sistemnya agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Agar pengendalian sistem dapat efektif maka harus tersedia umpan balik. Umpan balik tersebut dibandingkan dengan standar yang berlaku maka dapat diketemukan penyimpangan-penyimpangan.
  • Mempunyai Pengguna. Pengguna di sini harus diartikan secara luas. Sebagai contoh suatu perusahaan memiliki pengguna seperti pemegang saham, kreditur, pemerintah, dan serikat buruh, selain manajemen perusahaan itu sendiri.  

Pengertian Akuntansi
Akuntansi berasal dari kata bahasa Inggris to account yang berarti memperhitungkan atau mempertanggungjawabkan. Kata akuntansi sebenarnya diserap dari kata accountancy yang berarti hal-hal yang bersangkutan dengan accountant (akuntan) atau bersangkutan dengan hal-hal yang dikerjakan oleh akuntan dalam menjalankan profesinya.
Menurut Suwardjono (2002:5) akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang berdaya guna dan dalam bentuk satuan uang, dan peinterpretasian hasil proses tersebut.

Pengertian Sistem Akuntansi
Menurut Mulyadi (2001: 3) sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.
Menurut Narko (1994: 3) pada umumnya diartikan sebagai jaringan yang terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, alat-alat, dan sumber daya manusia dalam rangka menghasilkan informasi pada suatu organisasi untuk keperluan pengawasan, operasi, maupun untuk kepentingan pengambil keputusan bisnis bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Manfaat Sistem Akuntansi
1.      Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
2.      Meningkatkan efisiensi dalam pengolahan informasi akuntansi.
3.      Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.
4.      Meningkatkan sharing knowledge.
5.      Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan.



1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai accounting system, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2540/1/Information%20Communication%20Technology%20(ICT)%20for%20Credit.pdf
    semoga bermanfaat

    BalasHapus